Sunday, September 24, 2017

Deep-fried Oreo is Life


Adults make decision. 


I am an adult. 


Therefore, I have the rights to make whatever decision for my well being.


Hence, I made deep-fried Oreos for lunch. 


Yes. 


And a 43-seconds video of me making my deep-fried goodness.


Sunday, September 17, 2017

Kedai Khas Palembang: Selera Kito

Located strategically at Kota Wisata, occupying one of the spots at Tenda Resto Fresh Market, Selera Kito has been the number one place me and my boyfriend visit every time we are in the mood for some good Roti Canai. This food tent, owned by a local named Yusuf, serves a variety of Indian-infused Palembang cuisine. Martabak Kari, Roti Canai, Nasi Kebuli, Teh Tarik, you name it! You can have them all here with a reasonable price, good portion, and guaranteed deliciousness. And, no, I'm not exaggerating. 




Our custom, my boyfriend and I, is to order the Roti Canai with different condiments. I usually go with the Roti Canai Susu, which is a plate of Roti Canai with a side of condensed milk, while my boyfriend goes with the Roti Canai + Kari Kentang that comes with a generous bowl of potato curry. We usually dip our share of Roti Canai in each other condiments. So, whenever I feel like I had an okay amount of sweetness from the condensed milk, I would go for the curry, and vice versa, and so on. 


The thing about the Roti Canai at Selera Kito is that it is freshly folded and fried on the spot. The cook would grab a handful of dough, stretch it and spin it around like pizza dough, and fried it until it has this crispy golden brown surface. I am amazed by how thin, yet fulfilling the Roti Canai is. It has a great gummy texture with a hint of glutinous sweetness in every bite, significantly stretchy but not rubbery, has a good level of crispiness, and not oily. It goes best with the condensed milk, in my opinion as I am sweet-toothed as you all may know, but it goes along great as well with the curry. 



I'm never a big fan of thick soup, or curry sauce, or anything that lacks the consistency of liquid, nor solid, but this is an exception. Turns out, I love the potato curry more than I expected. What I love about the curry is that it is not sickening although it may look unappetizing. It tasted savory, very rich, warm as it was served, and it had this bits of mashed potato in it that I could chew in between chewing the Roti Canai. I once found a chunk of lamb meat inside of the curry. But, since I don't like lamb very much, I didn't eat it. The curry is not the least bit spicy if you're curious. 

The other dish that has become my second favorite dish at Selera Kito is the Nasi Kebuli. I love the radiant and flavorful Nasi Kebuli, which comes with a bowl of chicken curry and a side of pickled carrots. Man, I love it so much, especially after a long day out with bae just when we are at the peak of our hunger and exhaustion. 

The dish may look small, but it's fulfilling if you were to eat it by yourself. You can choose which part of the chicken you want for your curry. I usually go with the breast because the breast contains the most meat, and I usually share my meal with my boyfriend. 

I love how the rice is warm when it is served and release this appetizing fragrant. The texture reminds me a lot of how the rice in Doha, Qatar, are like: slightly longish and firm. Each spoonful of the rice itself is already delicious, let alone it being eating with some pickled carrots, chicken meat, and a spoonful of curry. Perfect!




As for the drink, I always ordered myself a glass of warm Teh Tarik. Basically, Teh Tarik is just like milk tea, with extra sweetness on the side. Too bad I didn't have a picture of the warm drink, but I do recommend you guys to get this lovely beverage when you have the chance. 


Selera Kito
Fresh Market, Kota Wisata
Cibubur

Opening Hours:
Everyday, except Monday and Thursday: 04.30 PM - 11.00 PM

Contact:
+62 21 9856 6827
+62 857 1177 0670

Friday, September 15, 2017

Bits of KLIA2

My trip to Malaysia got me searching the web on how to forget bad memories. It may not be the worst memory I can recall, but it definitely is one of them. I found an article on WikiHow that made me feel somewhat supported by its' step-by-step ways on how to banish the unwanted bad memories and reducing the anxiety I'm having every time it knocks on my door. One of the ways says, "Focus on happier memories" so that's what I'm doing now.


It was last week when I went to Malaysia, departed on the 7th and got back to Indonesian on the 11th. I wasn't on a vacation, instead a full day of SEP Training and a set of ZFTT simulator that started in the middle of the night and lasted for four hours straight. To be honest, I enjoy the new experiences, but it was dreadful to say the least. I managed to survive and found bits and bobs that flicker a light inside this my black void of mine. So emo, I can't handle myself.

I stayed at Tune Hotel, accompanied by my Mom, and didn't travel far for food. We ate mostly at KLIA2, depending on the chains of fast food restaurants and groceries that provide food that we were familiar with. It varied from Burger King's crispy fried chicken, Paparich's Nasi Hainam with Ayam Goreng, Aunty Anne's Cheese Pretzel Dog, to imported grocery snacks such as Pop Tarts, Cheetos, Arizona, and Milo Cubes.

I bought a couple bag of Milo Cubes at Jaya Grocery for less than RM10. Each bag is filled with fifty cubes of compressed Milo powder, which confuse me on why this snack is highly demanded in Jakarta when it's just a regular Milo with different shape.



I was exited when I stumbled upon Arizona Green Tea on the beverage aisle. I am used of seeing this fancy canned drink on Tumblr posts and could only imagine how the drink taste like, until last week.

A can of Arizona Green Tea costed approximately RM5.50 and I finally bought one on my second day after contemplating on how expensive it was. It was an okay deal though because the can was large, 600-something mL in volume.

I was in doubt about the flavor of the green tea as it contains ginseng and honey. The honey was fine, but it was the ginseng that I wasn't sure of. I don't think I have tried ginseng before, hence I'm not familiar with the flavor at all. I had my expectation regarding the taste of the beverage, but as I open the can and took a sip of it, turns out it didn't taste like how I thought it would be. Not in a bad way, but somewhat good, a bit in the middle, and rather okay. It tasted odd at first, but then it became good after the next few gulps. I ended up finishing the whole thing on the next day.



On my last day, Mom took me on a train ride to Putrajaya to meet some friends of our family. We met up at the train station, where we got picked up and drove to this dining place near their house that serves Roti Canai. I was full at that moment, as I had my share of Aunty Anne's Cheese Pretzel Dog earlier, but I ended up digging most of Mom's plate of Roti Canai. It was thin and savory, filled with eggs and cheese, and accompanied with a not-so-generous portion of spicy chicken curry. I usually prefer my Roti Canai with sweet condensed milk, or sugar, but this one was exceptionally good.



A couple of the last few things I had on my last day was a Baskin Robbin's Junior Double Scoop ice cream, that consisted of Maui Brownies and Caramel Turtle Truffle, and a small bag full of Garrett's butter popcorn. I used to think that there is nothing an ice cream can't fix, but I stand corrected. Ice cream may not be able to fix everything, but it sure can give us a wee bit of happiness in our hearts during hard times. 



And that's the end of it. 


Wednesday, September 6, 2017

Good Morning, Reality

I had a good start for today. Even though I slept a bit late last night, I woke up today at six without any extra grunt and rant. Class starts at 9 and I was lucky enough that my chauffeur was able to drive me from Bekasi to M1. I put on a forgotten flannel that I had for years, it's dark blue in color and it has a rather comfy texture of fabric, and I look exceptionally well. Not girly, nor beautiful, but well.

I had me a bottle of Fresha Juicery's Hunny Bunny as we drove passed Tanjung Priok harbor. The combination of apple, carrot, and honey were super fresh and energizing, very suitable to consume to boost your mood. The carrot didn't overpower the whole flavor as the juice had a strong hint of apple in it. I assume the sweetness of the cold-pressed mana came from the honey.

For once, I finally enjoy my morning. Too bad I forgot that happiness doesn't last long. 

Thursday, August 10, 2017

Dunkirk and Churros

Mom and I had our share of Dunkirk yesterday at Grand Metropolitan Mall's XXI. The show was at seven and we managed to get some tickets and time to spare to fill our tummy with some munchies from Shihlin. We had a bag of deep fried chicken fillet that costed Rp40.000,00. Didn't take any picture, but it was nice.

I'm a popcorn person, while Mom is more of a nacho person, but I decided to have some churros to go with my movie. I was going to order the belgian waffles with cinnamon dust and ice cream, but the staff said that the waffles will not be coming with its' scoop of ice cream if we were to have them inside the regular cinema. Pfft.


So, five minutes into the movie, I was down with my last half of churros (Mom had one and a half, which left me with the rest to finish). Well fried, warm, coated with a dash of cinnamon and sugar, dipped in a shallow pool of dark chocolate. The churros was nice to say the least, crispy on the outside and slightly doughy on the inside. Not sure if that was the correct texture of a churro, tho. Too bad they didn't give us more dark chocolate. 

Sunday, July 9, 2017

Saturday, July 1, 2017

Es Kopi Susu Tetangga

Murah. Hits. Enak. Ini adalah tiga deskripsi akurat yang bisa gue bagi dengan kalian mengenai Kopi Tuku. Terletak di pinggiran Jalan Cipete, Kopi Tuku cabang Fatmawati ini ibarat warteg bagi para pecinta kopi. Kedainya mungil dan beneran nyempil diantara bangunan-bangunan di kanan kirinya, tempat duduk untuk kita ngaso-ngaso pun nggak ada kecuali bangku sederhana untuk kita tempati sembari menunggu pesanan kita. Menunya nggak begitu banyak, jadi kita nggak pusing-pusing amat untuk menentukan pilihan. Sistem pesan dan pembayarannya nggak begitu lama, mungkin didukung juga dari antrian yang pendek dan kesigapan cashier untuk melakukan transaksi jual beli.

Dari empat pilihan kopi, yang sepertinya menjadi signature drink dari Toko Kopi Tuku itu sendiri, pilihan gue jatuh kepada Es Kopi Susu Tetangga. Dengan harga Rp18.000,00, gue udah bisa mendapat kebahagiaan yang sama seperti gue memesan Hazelnut Latte di Starbucks yang harganya hampir tiga kali lipat dari harga si Es Kopi Susu Tetangga tersebut. Sekitar 5 menit kemudian, pesanan gue pun jadi. Bener-bener kayak warteg: cepat, murah, dan memuaskan. 


Es Kopi Susu Tetangga adalah sebuah mahakarya yang mengombinasikan campuran iced latte, creamer, dan gula aren. Kopinya pekat banget, bisa kerasa dalam satu sedotan pun. Rasa pahitnya nggak didominasi dengan rasa asam. Manis dari gula arennya sangat cukup untuk membuat rasa kopinya tetap kuat, namun tetap manis. Esnya nggak terlalu banyak, sehingga nggak membuat genangan air diatas permukaan kopi susu itu yang, biasanya, menghancurkan tekstur dan kepekatan minuman tersebut. Asli, gue suka!


Es Kopi Susu 
Jl. Cipete Raya No. 7
Fatmawati, Jakarta

Opening Hours:
Sunday - Friday: 7AM - 10PM 

Saturday, June 17, 2017

Caramel Popcorn McFlurry

Kemarin gue menyempatkan diri untuk drive thru mekdi dan jajan es krim McFlurry dengan sisa-sisa ribuan yang ada di mobil. "Mbak, total harganya jadi berapa, ya, kalau ditambahin pajak," teriak gue ke intercom setelah memesan salah satu varian baru es krim tersebut. "Totalnya jadi Rp14.000,00, Bunda," balasnya. Ah, pas banget gue cuma punya selembar sepuluh ribuan buluk dan seraup gopekan. 

Caramel Popcorn McFlurry namanya, varian McFlurry terbaru keluaran McDonald di mana soft vanilla ice cream-nya dihias dengan taburan popcorn karamel dan (seharusnya) saus karamel. Gue udah mewanti-wanti diri gue untuk nggak berharap terlalu banyak dengan tampilan es krim tersebut karena yang udah-udah pasti beda dengan apa yang diiklankan, tapi gue udah terlanjur berekspektasi tinggi dan akhirnya kecewa.


Sama sekali nggak menarik, hanya es krim yang ditaburi beberapa buah popcorn karamel. Sekian. Saus karamelnya pun nggak ada. Konsumen kecewa. 

Rasanya nggak terlalu istimewa, meskipun memang gue merasa bahwa ada rasa karamel itu sendiri di dalam es krim vanilanya. Mungkin sebagai pengganti saus karamelnya, kali, ya? Popcorn karamelnya juga nggak ada istimewanya. Rasanya, ya, sebagaimana rasa popcorn karamel seharusnya dan, menurut gue, ada sedikit rasa apek yang memberi kesan seperti popcorn karamel yang biasa bisa kita beli di bioskop. 

Lain kali, gue akan jajan McFlurry Oreo aja. 


Wednesday, June 14, 2017

Mie Goreng Pedas Garuk

Akhirnya, cita-cita gue dan Dheo untuk mencicipi mie goreng pedas ala Mie Abang Adek terwujudkan. Setelah beberapa kali hanya kepingin-kepingin doang dan nggak jadi-jadi, akhirnya kemarin kami melepas predikat kami sebagai "Perawan Mie Abang Adek" dengan memesan satu porsi mie goreng dengan tingkat kepedasan nomor tiga, yaitu Mie Goreng Pedas Garuk. Asal kalian tau aja, si Bapak menggunakan 50 buah cabai untuk membuat makanan maut yang satu itu. Serius, 50 buah. Ngeri, kan?


Awalnya, gue mau cari aman saja dengan memesan mie goreng dengan tingkat kepedasan paling rendah. Tapi kemudian, tengah gue memesan ke si Bapak, omongan gue terpotong oleh, "Dih, apaan dah, cemen banget! Aku aja cabenya 50!". Jadi lah gue ikutan memesan satu porsi mie goreng dengan tingkatan pedas nomor tiga, di mana tingkat keduanya si Bapak menggunakan 75 buah cabai dan di tingkat pertamanya menggunakan 100 buah cabai. "Yak, di sebelah sana ada kamera, silahkan lambaikan tangan anda jika tidak kuat!".


Nggak lama kemudian, pesanan kami disajikan. Mie kami berdua sama, hanya hiasannya aja yang beda: gue dengan telur ceplok, sementara Dheo dengan kornet goreng kering. Tampang kedua mie goreng kami tampak sama-sama menyiksa. Baunya pahit. Warnanya jingga terang dengan sedikit merah di sana-sini dari kulit cabainya. Di setiap untaian mie bersembunyi setidaknya beberapa butir biji cabai yang seolah-oleh mengejek gue, "Ah, elu sesuap doang juga nggak bakal tahan, tong.".



Satu suap, gue langsung tumbang. Gue nggak bisa membuat diri gue menyuap satu suap lagi untuk waktu yang lumayan lama karena gue sedang sibuk berperang melawan rasa pahit dan sakit yang ada di mulut gue. Sementara itu, Dheo udah masuk suapan ketiga.

Gue kira pedasnya nggak bakal jauh-jauh dari pedasnya Buldak Bokkum Myeun produksi Samyang, jadi gue pede-pede aja. Eh, ternyata, jauh sejauh jauhnya jauh dari ekspektasi gue. Saking pedasnya itu mie goreng, gue sampai benar-benar nggak ngerasain apapun selain pahit dan sakit! Gue hanya tahan dua suap. Bahkan telur ceploknya pun nggak gue makan. Disaat perut gue mulai panas dan melilit, Dheo masih sibuk dengan suapan-suapan terakhirnya sebelum dia pun ikutan nyerah.


Mie Abang Adek
Bea.Box Container Food Court
Jl. Caman Raya, No. 32
Jatibening, Bekasi

Opening Hours:
Monday - Sunday: 11AM - 1AM

Sunday, June 11, 2017

Team Muffin or Team Burger?

I'm not a big fan of McDonald's selection of breakfast menu other than its' Hotcakes. Sure, I do enjoy its' breakfast muffins, with the sausage patty and Cheddar Cheese sandwiched between the crumble English muffins, but they're just not as good as its' plain Cheeseburger. Do you get me? 


Ayam Penyet Surabaya

Senin kemarin, sepulang dari gue menjalani Psychotest di Garuda City Center, Cengkareng, gue bersama beberapa teman Penerbang 66 mampir dulu ke sebuah tempat makan di daerah M1 untuk berbuka puasa. Seperti ekspektasi gue, tempat makan dengan nama Ayam Penyet Surabaya itu banjir warga yang berlomba-lomba memanggil para pelayan yang kewalahan, untuk memesan menu berbuka mereka. Tanpa pikir panjang, saat Anggita menawarkan untuk memesan, gue langsung tembak Ayam Bakar bagian paha atas dan segelas Es Jeruk untuk Dheo, dan Ayam Kremes bagian dada dan Es Teh Manis untuk diri gue sendiri. 

Gue, Anggita, dan Ambar memutuskan untuk memisahkan diri menempati meja yang tersedia di area luar tempat makan tersebut karena situasi dan kondisi yang memaksa kami untuk tidak bergabung dengan para cowok yang tengah duduk lesehan di area dalam: lipatan lemak. Demi apapun, gue nggak sanggup kalau harus disuruh menahan perut gue untuk tidak ambyar selagi gue lesehan. Jadilah kami menempati salah satu meja yang baru saja ditinggalkan salah seorang konsumen yang makan ayamnya berantakan kayak ayam beneran. 


Nggak lama untuk pesanan kami tiba. Anggita dan Ambar pun memesan Ayam Kremes dengan bagian yang berbeda dengan gue, dua gelas teh manis, dan seporsi Cah Kangkung untuk menemani nasi dan lauk. 

Ayam Kremes kami datang dalam piring rotan beralaskan kertas minyak, yang diisi dengan porsi nasi putih hangat yang cukup, sepotong terong goreng, daun lalapan, tahu goreng, tempe orek, kremes ayam, ayamnya sendiri, dan sambel yang pedas dan nendang banget bawangnya. Cukup meriah untuk makanan seharga Rp24.000,00. 

Gue senang banget dengan ayamnya yang digoreng matang sampai kering. Karena gue bukan pemakan ayam yang bersih, kadang gue risih semisal ayam goreng yang gue makan itu masih basah, atau berminyak, atau dalam kondisi apapun yang membuat ayam tersebut kelihatan nggak kering sampai ke dalam-dalam. Nggak bakal gue bersihin sampai tulang-tulangnya. Tapi, ayam kremes ala Ayam Penyet Surabaya ini berhasil gue makan sampai hampir bersih. 


Selain kremesan ayamnya yang gurih dan agak terlalu asin di lidah gue, sambalnya pun kaya banget akan rasa. Rasa bawangnya nendang banget, belum lagi selipan remahan kemirinya. Dipadukan dengan tumpahan Kecap Bango membuat makan malam gue hari itu makin nikmat. 


Ayam Penyet Surabaya
Jl. Surya Dharma, M1
Tangerang, Banten

Saturday, June 3, 2017

Cerita Hari Ini

Hari ini dimulai ketika hp gue menjeritkan nada dering tanda telfon masuk dari aplikasi LINE. Otomatis, dengan pembawaan gue yang nggak terimaan, gue mengambil hp untuk melihat siapa yang bikin kepala gue pusing pagi-pagi buta begini. "Anggita" begitu tulisannya di layar yang terangnya bikin mata gue serasa mau copot, dan itu belum ada jam 4 pagi. Hampir kesel karena nada deringnya berisik dan mengganggu tidur gue, tapi kemudian gue inget bahwa dua jam sebelumnya gue sengaja ngasih pr ke Anggita untuk bangunin gue jam 4 karena gue ada tes penerimaan pilot Garuda Indonesia hari ini. Oke, nggak jadi marah.

Susah banget kayaknya buat melek jam segitu, padahal biasanya main DOTA sampai matahari terbit pun sanggup. Kemudian gue paksa badan gue untuk beranjak dari tempat tidur dan keluar kamar untuk memulai pekerjaan rumah lebih pagi daripada biasanya. Nggak sampai lima belas menit dan semuanya sudah beres. Baru saja gue mau rebus air utuk nyeduh teh, ada lagi telfon masuk. Kali ini tulisannya "Ambar", yang kemudian gue sambut dengan, "Halo, Mbar, gue udah bangun." dan dibalas dengan suara parau yang, setangkepnya gue, membuat suara, "Hm-mh!"

Nggak lupa, setelah menjawab telfon dari Ambar, gue mengirim pesan ke salah satu sahabat gue sedari SMP yang pun gue titipin pr untuk bangunin gue jam 4 pagi. "Vel, gue udah bangun, ya," tulis gue di LINE, yang dia balas dengan, "wkwkwkwk". Sampai sekarang, gue nggak tau bunyi dari "wkwkwk" itu seperti apa. Di pikiran gue pasti, "wek wek wek" macem bebek ketawa.

Sarapan gue pagi ini adalah segelas teh hijau panas dan satu bungkus Antangin cair. Tadinya mau nyiapin bekal sembari ngerebus air panas untuk mandi, tapi kemudian ada telfon masuk yang nggak disangka-sangka. "Kamu udah bangun belum," bentak suaranya dari seberang telfon. "Udah bangun, kok, ini aku lagi mau mandi," balas gue dengan nada melas. "Hm, ya udah," katanya lagi sebelum sambungannya terputus. Kaget pagi-pagi udah harus berhadapan dengan nada tinggi, tapi ada senengnya juga dapet kejutan wake-up call dari pacar. Terus, abis itu, lupa mau nyiapin bekal. Padahal Ibu gue udah nyiapin muffin bikinannya, sengaja buat gue makan pagi ini. Seharusnya.. 

Nggak butuh waktu lama untuk gue mandi dan memakai seragam untuk tes hari ini, cukup 20 menit saja. Nggak lama dari selesai gue mandi, pacar gue pun datang menjemput. "Aku udah di depan rumah," katanya di telfon. Belum pernah kayaknya gue buka pager sesemangat, dan setersipu malu, pagi ini. Ya, habisnya, siapa yang nggak bakal excited untuk ketemu pacar lo setelah ditinggal keluar kota selama 40 hari lamanya? Dan karena terbatasnya komunikasi oleh kesibukan masing-masing pula yang membuat tingkat semangat gue makin meletup-letup. Buka pager rumah aja udah kayak lagi ngikutin PO berdarahnya penulis favorit gue, Ika Natassa. 

Berangkat lah kami ke daerah Duri Kosambi, tempat di mana tes penerimaan pilot Garuda Indonesia hari ini dilaksanakan. Singkat cerita, tes hari ini bener-bener bikin otak gue membengkak dua kali lipat ukuran normalnya. Gue pun merasa berat badan gue berkurang drastis saking getolnya nyari arah dan besar kecepatan angin berhembus semisal suatu pesawat dengan heading 120º, TAS 80 Knots, menempuh jarak dari titik A ke titik B yang jauhnya 315Nm dalam waktu 3,5 jam. Kurang greget apa gue? Oh iya, Anggita dan Ambar pun ikut tes hari ini, tapi jadwal tes mereka lebih dulu daripada gue. 

Dheo, yang jadwal tesnya barengan dengan Anggita dan Ambar, tengah sibuk dengan Mobile Legendnya saat gue kembali ke mobil setelah menyelesaikan Aeronautical Test hari ini. "Beb, puyeng," jerit gue. Untuk beberapa saat kemudian, sembari menyetir kembali ke Bekasi, kami membahas soal demi soal yang kami, anggap, jawab dengan benar. Dari Hukum Newton, ke perhitungan Magnetic North dan True North, sampai pembacaan tingkat kepadatan awan dalam oktas pun kami bahas. Dari 100 soal, gue pede dengan 70 soal yang menurut gue gue jawab dengan benar, dan dia pede dengan jumlah yang sama dikurang sepuluh. Tinggal nunggu hasil, deh, bakal lolos ke tahap selanjutnya atau nggak. Wallahu A'lam. 

Sebelum masuk ke komplek perumahan gue, kami mampir ke salah satu cabang PHD di daerah Caman dan memesan Double Box Pizza. Dheo memilih Cheesy Galore Pizza dengan pinggiran Cheesy Bites, sementara gue berpegang teguh dengan pizza andalan gue, Meaty Pizza. Nothing can go wrong with pizza that has meat and cheese on it. Padahal gue pingin yang Hawaiian Pizza, tapi Dheo nggak doyan nanas. 

Baunya harum banget, bener-bener bikin ngiler, gue sampai lupa untuk foto. Tapi, gue juga lagi dalam posisi kelaparan banget karena belum makan apa-apa dari subuh dan malah ngebabat magh gue dengan Coca Cola. Pinter, ya? 

Kami menghabiskan seluruh siang sampai malam kami nggak jauh-jauh dari DOTA, pizza, dan film. Sayangnya, karena laptopnya cuma satu, alhasil gue menyibukkan diri menghias tembok kamar gue dengan lukisan-lukisan random yang terlintas di pikiran gue, sementara pacar gue sibuk gonta-ganti skill untuk ngebunuh hero lawan. Di match pertama, dia pakai Invoker. Kebayang dong rumitnya kayak gimana itu jari buat nge-skill dari Sun Strike, ke Tornado, ke Ghost Walk, dan kemudian diakhiri dengan Chaos Meteor. Sayangnya kalah, tapi nggak apa-apa. Untuk hitungan dia yang baru lepas hiatus, untuk bisa mainin Invoker waras aja udah menakjubkan buat gue. 

Dua pizza ukuran reguler, dengan delapan potongan masing-masing pizzanya, berhasil kami habiskan berdua. Kebayang nggak, sih, betapa rakusnya kami? Belum lagi, karena perut gue masih ngerasa nggak enak, gue babat pula Soto Betawi bikinan Ibu gue yang masih ada sepanci di kulkas. Enak banget, gurih dan kaya akan rasa! Apalagi ditemenin emping dan sambil streaming film the Fate of the Furious. Wuih, sedaaap! 


Thursday, June 1, 2017

Kelunturan Buah Naga

Sekarang gue udah nggak usah susah-susah lagi ke Kuningan hanya demi makan Rolly's Thai Ice Cream karena es krim gulung yang satu ini buka cabang di Summarecon Mall Bekasi, woohoo!

Kemarin gue pakai kombinasi yogurt dengan stroberi, kiwi, dan buah naga merah sebagai campurannya. Nggak biasanya gue bakal milih yogurt ketimbang es krim, tapi siang itu kayaknya seger banget kalau makan yang manis manis kecut.


"Yang mana yang mau dijadiin topping, Kak" tanya Mbaknya. Karena gue lagi males mikir, jadi aja semua buah-buahan yang gue pilih dicampur ke dalam yogurt. Gue selalu senang melihat proses pembuatan es krim gulung ini, apalagi saat topping-nya di bejek-bejek. Pardon my poor choice of words. Dan, seketika, yogurt yang tadinya berwarna putih berubah menjadi warna soft magenta gara-gara kelunturan buah naga merah. 



Rolly's Thai Roll Ice Cream
Summarecon Mall Bekasi
Jl. Ahmad Yani, Bekasi Utara

Opening Hours:
Monday - Sunday: 10AM - 10PM

Mom's Breakfast Buns

It was around 7 in the morning, just as the sun ray peeked through the window, when I accidentally woke up from my slumber. I was planning on having three more hours of sleep, but a deal is a deal: the moment I wake up, I am not going to put myself to sleep again.


My eyes were still half closed, my voice was rough, and I couldn't even walk properly. Mom was surprised by the fact that I woke up THAT early. She is used with having me waking up an hour past mid noon. "Lho, kok tumben jam segini udah bangun," she said, "mau ke mana?" which then I replied with a, "Mau sarapan yang enak, Tie." 

So, Mom made me these light and savory breakfast buns. Using the leftover burger buns from the fridge, that were about to expire, she toasted them and topped them with bacon, scrambled eggs, and melted cheese. Boy, it was a sight that made my eyes popped in the early morning.

I finished three buns and they were awesome! But, I do think they were missing a cherry on top: a nice drizzle of sweet and sticky maple syrup.


Wednesday, May 31, 2017

So Wow. Much Deep.

Hello, readers.

It is almost half past two in the morning, and here I am genuinely feeling okay for the first time in these past few weeks. I just got of the phone with my boyfriend, we just finished today's studies for an upcoming job recruitment test at Garuda Indonesia. We studied for a couple of hours, which is good for our first day.

I am happy with the fact that I am finally got my head back in the game. I am being productive, despite the fact that it has only been two days, and I'm feeling good about it. My Mom bought me a set of soft pastels today and I managed to add something into my canvas. And, by canvas, I meant my bedroom wall. I'm not much of an artsy person, but to be able to draw a blue whale in the sky is definitely something big for me. And the fact that it took me less than two hours on it is totally a big deal.

I have two projects that I'm currently on, which are the Jar of Happiness and a 25 Days of Writing. Let's sort it one by one, shall we?

So, the Jar of Happiness is this year long project of taking notes of what makes you happy each day. I get to write any happiness I felt that day on a piece of paper, doodle it, make it look pretty and artsy and stuff, then put it in a jar. By the same date next year, I will probably have a jar full of positivity and happiness, and I get to read all of it and be thankful for a wonderful and happy year. I believe there will always be a lego I will stepped on but, hey, every cloud has a silver lining.

Next, is the 25 Days of Writing which I found at Pinterest. I was scrolling through the endless page of DIY Jar of Happiness when I stumbled upon this challenge. I don't see why I can't do this. Other than the fact it challenge me to be a good writer, I also get to shape my creativity. Aku ya emoh kalau harus dipenjara. Wong badannya udah dirantai, mosok ya harus dirantai juga pikirannya?

And the fact that I have been talking to my Father for these past nights truly set my heart at ease. I have left Him for too long. :)

On the one side, for those who happen to be good friends with depression, anxiety, and any other form of mental issues you might suffering at the moment, hang in there.

Different people tend to have different ways to handle their monsters. I had to isolate myself.  I had to be alone to feel sane, yet I found myself always in a constant battle of needing to be alone and feel terribly lonely. It made me feel like I was chained. I called out for help, but I had the key to set me free in my grip all this long.

Reaching out to your friends might help, because it helped me. A lot. I talked to my best friends and, even though they always got to the point of screaming, "Kinan, safe yourself from yourself!", they were very supportive.

If you have a special someone, don't be afraid to ask for his shoulder to lean on. He won't mind your tears, he won't mind your insecurities, he won't mind the fact that you are fragile and weak as fuck and all you need was his support and him saying, "Every thing is going to be okay" (in my case, "Udah, nggak apa-apa, jangan sedih lagi. Nanti kita belajar lagi, yah."), he won't degrade you as the woman you are, he won't be as unsupportive as you thought he would be. Give him a chance to be there by your side when you break.

Try do things that (used to) make you happy. I got to the point of hating eating and hating writing. Both are the things I love most and I had my moment of not having any passion to do any of them. But, I gave them a chance and, eventually, they made me happy again.

You will get through this, I promise. 

Monday, May 29, 2017

Jalan-jalan ke Kota

Pas kemarin di Bali, ada satu hari di mana gue dan Ibu gue jalan-jalan ke kota untuk belanja dan nonton film di bioskop. Karena rumah kami memang letaknya di desa, kanan kiri sawah semua dan kalau malam-malam gelapnya kayak lagi program Live In di pedalaman kampung, kami memang benar-benar harus ke kota kalau mau mencari hiburan. Perkebunan padi seketika berubah menjadi jalan raya yang diramaikan kendaraan berplat nomor DK. Gue pun menjadi semangat saat sampai tujuan karena udah lama nggak ngeliat papan reklame bulat berwarna hijau tua dengan tulisan Starbucks. "Bener-bener kayak orang desa main ke kota, ya," ucap Ibu gue.

Perjalanan dari Desa Pejeng ke Denpasar kurang lebih dua jam. Destinasi pertama kami adalah Mal Bali Galeria yang terletak di sisi Jalan By Pass. Dengan desain gedung yang sepertinya mengikuti gedung tradisional di Bali, Mal itu tampak beda dengan mall-mall lainnya yang pernah gue kunjungi. Hanya dua lantai, bangunannya luas dan tidak dihias dengan Air Conditioner di setiap sudutnya, dan dilengkapi dengan area berjalan yang hijau di tengah-tengahnya. Ibarat donat tapi dalam bentuk kotak dan adalah sebuah bangunan. 

Siang itu, kami mampir ke bioskop yang ada di Mal Bali Galeria dan menikmatti indahnya nonton film keluaran terbaru dalam keadaan sepi. Belum pernah, seumur hidup gue, gue nonton film dengan keadaan sesepi dan sekosong itu. Cuma ada lima orang doang dalam satu studio!  

Kami nonton Alien: Covenant. Gue penggemar berat seri film Alien karena itu adalah makanan sehari-hari gue saat gue masih berumur 4 tahun. Iya, sekecil itu gue udah nonton film garapan Ridley Scott dari yang pertama sampai yang keempat. Gue bahkan inget banget di suatu siang, saat gue masih TK dan sedang disuapin sama Ibu gue, gue lebih memilih nonton Alien ketimbang film Robin Hood karya Disney. 

Tapi film itu pun yang menyebabkan gue takut setengah mati berenang di kolam, dan di laut. Pokoknya aktivitas apapun yang mengharuskan gue untuk berinteraksi dengan air, gue ogah, dan ketakutan ini berlangsung sampai gue kelas 3 SD. Akhirnya, setelah gue dipaksa ikut kursus dan berhasil berenang dari tepi kolam ke tepi seberangnya, dalam keadaan hujan badai yang membuat air kolamnya butek nggak karuan, atas dorongan Bapak gue, gue pun berhasil menghilangkan rasa takut dikejar-kejar Xenomorph di dalam air.


Selesai nonton film, gue kepingin makan yang berkuah karena, ternyata gue baru sadar bahwa makanan berkuah adalah comfort food buat gue, gue mendapat kabar yang nggak enakin. Jadi, ketimbang seharian mecucu dan menyebarkan hawa negatif ke seluruh penjuru Denpasar, gue memutuskan untuk makan Soto Betawi di Kafe Betawi.




Ditemani kerupuk oren yang rasanya terlalu bagus kalau dibandingin dengan kerupuk oren ala tukang ketoprak gerobakan, gue melahap Soto Betawi gue yang dihias dengan remahan emping dan bawang goreng. Rasanya nggak kayak Soto Betawi sama sekali, lebih kayak sayur lodeh. Terlalu banyak santan, terlalu manis, dan nggak ada gurih-gurihnya blas. Agak mengecewakan, tapi cukup untuk menghibur hati yang lagi gundah. Ditambahin sambel pun nggak ngaruh apa-apa karena rasanya tetap kayak sayur lodeh dan bukan rasa soto.



Sebelum meninggalkan Mal Bali Galieria, untuk ketemuan dengan Tante gue di daerah Seminyak, gue sempet mampir ke gerai Starbucks yang membuka cabangnya di mal tersebut dan membeli tumbler yang gue kepingin dari kapan tau. Sayangnya, desain tumbler yang gue mau udah nggak ada, karena udah lewat musimnya, jadinya gue pilih yang paling murah aja. Tadinya gue mau bayar pakai Starbucks Card, karena bisa dikasih diskon 10% untuk tumbler-nya dan dapat minuman gratis seukuran Tall, sayangnya mesin pengoperasian kartunya sedang error. Batal dapat diskon, deh. But I got me this tall-sized Iced Shaken Lemonade, with Passion Fruit Tea and less ice, so yay!


Yang tadinya mau ketemuan di Nalu Bowls harus diganti karena, saat itu, Nalu Bowls akan tutup dalam waktu satu jam. Akhirnya kami pindah haluan dan memutuskan untuk ketemuan di Earth Cafe yang terletak di sisi Jalan Kayu Aya. 


Nggak susah kok untuk menemukan Earth Cafe ini karena terbantu dengan papan reklame warna hijau yang kemungkinannya kecil untuk kelewatan. Awalnya sempat bingung mau parkir di mana karena cafe ini mungil banget, tapi ternyata ada parkiran khusus di dalamnya yang bisa memuat mobil dalam hitungan jari dan beberapa motor.



Karena saat itu gue lagi sok-sokan mau menerapkan hidup hits dengan diet sehat, jadilah gue pesan chia pudding parfait ini yang nama aslinya gue lupa. Parfait ini terbuat dari chia seeds yang dicampur dengan almond milk hingga mengembang, yang kemudian dihias dengan potongan stroberi, potongan mangga, taburan kuaci dan goji berry, tumpahan pemanis alami yang terbuat dari kurma, sedikit yogurt, dan parutan kelapa kering. Wow, Kinan jadi vegan! Hidup vegan!


Gue nggak nyangka makanan sekecil ini ternyata semengenyangkan itu. Asli, gue kenyang banget makan beginian doang! Beberapa suap terakhir itu rasanya menyiksa, entah kenapa. Sebenarnya enak kok, meskipun kalau chia puddingnya dimakan sendiri aja akan terasa sangat hambar maka dari itu dikasih segala hiasan biar ada rasa sedikit, tapi lama-lama lidah gue bosen juga dengan makanan vegan dan organik ini. Gue sangat merekomendasikan parfait ini untuk kalian yang asli vegan dan yang sedang diet sehat.


Sementara itu, Ibu gue tengah sibuk dengan jamur goreng kriuk dan jus C4-nya yang terdiri dari wortel, timun, dan apel. Kenapa ya, rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau? Kayaknya enak banget Ibu gue ngunyah potongan-potongan jamur yang dibalut tepung garing nan gurih. Makannya pakai kecap asin pula, tambah enak kan jadinya!




Sudah, deh, setelah kenyang menyantap biji ngembang yang rasanya hambar itu, gue dan Ibu gue memutuskan untuk kembali ke Desa Pejeng. Sudah cukup jalan-jalannya di kota, besok-besok lagi kalau udah suntuk dengan sawah dan segala hutan belantaranya. Dan gue pun harus menyetir dalam posisi kekenyangan yang membuat gue agak mengantuk. Sip.


Kafe Betawi
Mal Bali Galeria
Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai

Opening Hours:
Monday - Sunday: 10AM - 10PM


Starbucks
Mal Bali Galeria
Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai

Opening Hours:
Monday - Sunday: 10AM - 10PM


Earth Cafe
Jl. Kayu Aya, Seminyak

Opening Hours:
Monday - Sunday: 7AM - 11PM